Tiga Aturan Penting Manajemen Keuangan Buying and selling Foreign exchange Tingkat Lanjut

Posted on

Manajemen Keuangan Trading Forex

Saat mengaplikasikan manajemen keuangan dalam buying and selling plan, dealer memang butuh waktu untuk klop dengan strategi buying and selling yang digunakan. Hal tersebut berhubungan dengan jumlah modal dan tingkat toleransi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Tentu saja manajemen keuangan bisa efektif jika seorang dealer mampu tetap disiplin dalam penerapannya.

Tidak ada gunanya jika Anda memiliki banyak rencana di awal, namun banyak melakukan keputusan spontan yang akhirnya mengganggu buying and selling foreign exchange Anda nantinya. Misalnya ketika Anda melihat kesempatan untuk untung besar, sehingga bertaruh keseluruhan modal yang Anda miliki, padahal dari awal Anda sudah memiliki strategi untuk tidak bertaruh lebih dari 10% dari modal yang Anda miliki.

Anda akhirnya berjudi, alih-alih berinvestasi.

Lanjutan dari artikel berikut tentang cara bermain foreign exchange, ada beberapa prinsip manajemen keuangan yang perlu Anda tahu yang akan kita bahas secara mendalam kali ini.

Gunakan Dana yang Tidak Terpakai

Pengertiannya, Anda harus bisa menyisihkan modal khusus untuk buying and selling foreign exchange. Jangan pernah menggunakan dana penting bahkan dana pinjaman. Terkait resiko foreign exchange yang besar, akan bijak jika Anda sudah mempersiapkan segala resiko terburuk yang mungkin terjadi.

Bisa saja Anda kalah dalam dua kali buying and selling, namun karena dana yang Anda gunakan termasuk dana penting, seperti biaya sekolah anak, dan sebagainya. Hal tersebut kemudian bisa berakibat deadly pada mentalitas Anda untuk transaksi ke depan.

Dalam hal ini, lebih baik jika dana yang Anda gunakan memang dana yang Anda sudah siap untuk kehilangan. Misalnya, setiap bulan Anda menyisihkan uang untuk modal buying and selling, sebesar 1 juta, maka dalam 12 bulan Anda bisa mendapatkan modal 12 juta.

Uang ini bebas untuk Anda gunakan, walaupun memang kita harus berbicara lebih lanjut tentang strategi buying and selling. Dengan psychological dan emosi yang lebih baik, akan lebih kecil kemungkinan untuk kehilangan uang yang sudah Anda kumpulkan dengan susah payah, dan pastinya ini sesuatu yang kita hindari.

Dengan tidak ada tekanan secara emosional, dealer bisa lebih bebas untuk mengambil keputusan penting dalam buying and selling foreign exchange, namun tetap harus disiplin dengan strategi awal.

Gunakan Sebagian Modal Saja

Sejak awal Anda harus menentukan berapa nominal yang Anda gunakan untuk setiap transaksi foreign exchange, berdasarkan modal secara keseluruhan. Ini bertujuan untuk melindungi modal dasar dari resiko rugi dalam beberapa buying and selling ke depan.

Jangan sampai karena lima kali merugi, modal Anda merosot tajam dan malah membuat Anda kehilangan posisi untuk balik modal di masa depan. Jika modal habis, maka pastinya selain harus menanamkan modal lain, Anda tidak bisa lagi meraup keuntungan.

Hal ini bisa dihindari jika Anda menggunakan sebahagian dari modal awal untuk buying and selling, sehingga Anda bisa bermanuver dengan lebih bebas dan malah melakukan diversifikasi portofolio mata uang untuk menurunkan tingkat kerugian.

Misalnya, jika Anda menyisihkan hanya 15% modal untuk buying and selling di mata uang USD / JPY saja, walaupun merugi, Anda tetap kokoh dengan 85% modal sisanya. Apalagi ada potensi Anda untuk bermanuver hedging dengan membeli emas untuk menutup kerugian dari turunnya nilai USD.

Ini adalah salah satu strategi penting bagi dealer berpengalaman dengan menggunakan hedging. Dimana nilai emas bisa menutup kerugian dari aset lain karena gerak pertumbuhan yang berlawanan. Misalnya mata uang atau saham dengan komoditas seperti emas.

Tahu Kapan Harus Berhenti

Dalam buying and selling foreign exchange, dealer harus dapat melakukan analisa teknikal dan basic secara mendalam dari aset yang ingin diakuisisi. Sehingga saat pasar bergerak berlawanan dari prediksi awal, Anda bisa langsung mengambil tindakan untuk transaksi JUAL.

Banyak yang takut dengan transaksi JUAL padahal Anda bisa memotong potensi kerugian dengan keputusan ini, walaupun bertahan dengan aset tadi bisa jadi menguntungkan di masa depan.

Namun kembali lagi, Anda di sini berbisnis dan bukan berjudi. Ketika prediksi Anda salah, ambil keputusan untuk lower loss dan coba analisis pasangan mata uang lain dengan harapan bisa berhasil.

Banyak dealer yang tidak disiplin dengan aturan yang sudah mereka buat dan pada akhirnya menggunakan dana cicilan rumah misalnya untuk buying and selling foreign exchange. Ini sering kali terjadi. Padahal efek emosional dari penggunaan dana penting bisa membuat Anda mengambil keputusan yang merugikan.

Efek emosional tersebut kemudian berakibat pada penggunaan seluruh modal yang ada untuk berusaha mengembalikan kerugian buying and selling sebelumnya. Ini sering terjadi.

Seorang dealer harus disiplin, karena itu ada baiknya untuk beristirahat sejenak setiap kali mengalami kerugian dan buat batas waktu kapan harus keluar dari transaksi yang tidak menguntungkan Anda.

Memang faktor emosional sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan dalam foreign exchange. Karena itu, kedisiplinan menjadi faktor penting agar Anda bisa menjadi seorang dealer yang sukses.

Demikianlah beberapa aturan penting manajemen keuangan untuk buying and selling foreign exchange tingkat lanjut. Meskipun terkesan sederhana, namun menjalankan aturan tersebut akan membantu dealer untuk tetap berada pada jalur yang benar dan tidak mengalami kerugian besar yang menghabisi karirnya sebagai dealer. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *