Catat dan Perhatikan 5 Ideas Memilih Nama Area Ini !!

Posted on
Catat dan Perhatikan 5 Tips Memilih Nama Domain Berikut Ini

Mari sejenak kita tinggalkan seluk-beluk dunia bisnis offline menuju persilatan dunia bisnis on-line yang semakin lama semakin digandrungi.

Apa yang akan saya bahas sekarang ya? Hmmm… kayaknya yang ringan-ringan saja seperti ideas memilih nama area. Ringan kan? Tapi bobotnya berat coy, ha..ha..ha..

Lho, lha iya loh… Om dan tante kagak percaya? Widiiiihhh… mesti om dan tante belum pernah ngrasain salah beli area kan?

Rasanya nyeseeelll banget tuh. Udah dibangun webnya, udah dioptimasi halamannya… eh, tiba-tiba dapat kabar kalau nama domainnya buruk. Waiki… gelone pol. Ganti net lagi… Kayak temen yang saya ceritakan di artikel konsep bisnis yang efektif. Berkali-kali “meringis” karena salah beli area oii..

So, biar om dan tante nggak ikut-ikutan salah milih area, sini… saya kasih ideas memilih nama area yang joss gandhos. Mau kan? Mau !! Wokeh, ada 5 ideas memilih nama area yang dahsyat.

  1. Nama area jangan panjang dan harus mudah diingat.
    Contohnya dokterbisnis.web, sediamesin.com, jualgpstracker.web, bebekgoreng.com dan sebagainya. Jadi meskipun nama area boleh mencapai 63 karakter, Anda dilarang keras untuk menggunakan nama area seperti jualgedanggorengenakdanlezatsekali.com. Nanti begitu ada orang yang datang ke situs Anda, besoknya dia tidak akan datang lagi karena kelupaan apa nama area Anda, ha..ha..ha..
  2. Pilih nama area yang mengandung kata kunci.
    Misalkan usaha Anda adalah usaha keju belanda rumahan. Nama usaha adalah “Hommy Holand Chess”, pembuat keju Belanda kelas industri rumahan. Meski Anda bisa menggunakan nama hommyhollandchess.com, tapi hal itu tidak dianjurkan. Anda tetap harus membeli area yang mengandung kata kunci -dan tentunya mudah diingat- supaya web site Anda menempati posisi yang baik dalam hasil pencarian SERP (Search Engine Outcomes Web page). Contohnya seperti apa? Contohnya seperti jualkejumurah.com atau kejulezatlokal.com. Apa penjelasan ilmiahnya? Logikanya sederhana saja. Siapa Anda kok “berani-beraninya” beli area pake nama usaha Anda? Emangnya usaha Anda sebesar perusahaan franchise M*D atau Okay*C yang semua orang sudah tahu? So, untuk itulah Anda perlu nama area yang mengandung kata kunci yang di cari banyak orang supaya situs Anda ada di posisi yang mudah ditemukan oleh customer. Dan berita baiknya, nama area yang mengandung kata kunci adalah salah satu hal yang bisa membuat posisi Anda bagus di search engine. Lalu Caranya memilihnya bagaimana? Nanti saya beritahu…
  3. Jangan beli area yang mengandung merek produk yang sudah terdaftar.
    Masih ingat kejadian saudara kita dari Indonesia yang bernama Sony Arianto Kurniawan yang punya situs sony-ak.com? Beliau dituntut oleh perusahaan Sony Corp dari Jepang gara-gara memakai nama Sony. Padahal salah dia apa ya? Wong tahu-tahu dia lahir punya nama Sony, wkwkwkwkwk… Meskipun banyak yang bilang Sony Corp “lebay”, tetap saja tuntutan itu dilayangkan. So, misal pada kasus usaha keju Belanda di atas, Anda jangan pernah pake nama area yang mengandung merek yang sudah terdaftar. Misalnya kejulezatkraftbelanda.com atau kejukrafthommy.com. Nanti kalau dituntut perusahaan kraft bisa berabe Anda…
  4. Usahakan gunakan nama area yang berakhiran dot com.
    Tidak bisa dipungkiri bahwa orang Indonesia masih lebih “percaya” situs yang berakhiran dot com. Padahal sebenarnya nih, masih-masing bisnis punya “kecocokan” sendiri-sendiri terkait dengan TLD (Prime Stage Area) ini. Misalkan bisnis web menggunakan dot web, organisasi menggunakan dot org dan sebagainya. Tapi mau gimana lagi… Berhubung orang Indonesia sudah “terpati” di otakya bahwa web site yang bagus adalah web site yang berakhiran TLD dot com, ya usahakan area Anda berakhiran dot com. Lalu bagaimana kalau tidak ada alias sudah terbeli? Apa nggak ada solusi yang lain. Sekali lagi, tenang… nanti saya beritahu caranya, he..he..he..
  5. Segera beli area yang sudah Anda rencanakan tersebut.
    Dulu saya punya kejadian lucu. Jaman dimana susah-susahnya membangun sebuah bisnis. Waktu itu saya dan teman saya seringnya nongkrong di cafe yang sepi tetapi mereka menyediakan akses web free. Lumayan lah, buat belajar web advertising and marketing free of charge. Pesan es teh sama kentang dah… 6 jam nongkrong di situ sampai jenggotan. Suatu saat, teman saya memutuskan untuk mempraktekkan ideas memilih nama area yang ia ketahui. Kebetulan ia memutuskan untuk mengambil nama perusahaan dia sebagai nama area. Tapi dasarnya karena pengen ngirit, ia nama tersebut tidak ia beli-beli. Ditungguin sampai ada duit katanya. Padahal harganya cuman 90 ribu rupiah setahun. Nah, 5 hari kemudian, ia singgah ke cafe kopi dan minuman tersebut untuk mengecek nama area pilihannya. Ternyata area tersebut sudah dibeli oleh orang lain. Bule lagi… Si bule melihat bahwa ada weblog (yang tentunya milik teman saya) dengan nama area mirip dengan pilihan teman saya tersebut yang ramai visitornya. Dan menurut perkiran teman saya, jelas nama tersebut nggak mungkin dibeli orang. Wong nama perusahaan miliknya kedengarannya aneh dan asing di telinga orang. Walhasil, jadilah teman saya kehilangan area kesayangannya, ha..ha..ha.. So intinya, begitu Anda sudah mendapatkan nama area yang pas, segera beli. Ketahuilah, ada ribuan orang yang berpikiran sama dengan Anda untuk memilih nama area seperti yang Anda pikirkan. Percayalah !!

Effectively, kesimpulannya adalah saat memilih nama area memilih nama area untuk bisnis Anda atau memilih nama area toko on-line atau memilih nama area search engine optimization, gunakanlah selalu ideas memilih nama area yg baik di atas.

Jangan sembarangan ya… Pokoknya sekali lagi, ikuti panduan memilih nama area di atas. Jika tidak, resiko ditanggung penumpang, ha..ha..ha.. “Eits… sebentar dok. Tadi dokter janji mau memberikan kelanjutan ideas memilih nama area yang baik terkait poin kedua dan poin keempat kan? Mana sekarang? Jangan-jangan kayak artikel-artikel bisnis sebelumnya, mesti dilanjutkan ke artikel berikutnya… ya tho?”.

Tepat tebakan Anda !! Ideas bagaimana memilih nama area tersebut akan saya bagikan di artikel selanjutnya, he..he..he.. “Lha mesti lho begini. Yo wis, cepet ditulis artikel tentang ideas memilih area bagian 2. Payah lah !!.” Sabar… lha mau gimana lagi. Sudah sore je. Saya mau pulang dulu, wkwkwkwkw…

(sumber gambar artikel ideas memilih nama area : marketingland.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *