Teknik Pemasaran yang Baik : Membuat Tagline Perusahaan

Posted on

Kemarin saya baru saja memberikan pelatihan tentang toko on-line di teman-teman dekat saya. Kami membahas panjang lebar tentang bisnis on-line. Sampai akhirnya kami masuk pada pembahasan tentang cara membuat tagline perusahaan yang menarik.

Pertanyaannya adalah mengapa pelatihan membuat toko on-line sampai pada pembahasan membuat tagline perusahaan yang menarik? Bukankah yang harus dibahas adalah teknik-teknik on-line seperti cara memilih nama area toko, web optimization Off Web page dan yang semisalnya?

Jawabannya adalah karena membuat tagline yang menarik untuk perusahaan termasuk teknik pemasaran yang baik dan membuahkan hasil. Bahkan bukan hanya teknik pemasaran yang baik. Membuat tagline perusahaan yang menarik bisa membuat produk atau jasa Anda terjual hanya dalam three detik bahkan kurang !!

Karena teramat pentingnya materi membuat tagline perusahaan yang menarik dan menjual, saya sempatkan pagi ini untuk menulis materi taktik pemasaran yang baik ini di weblog tercinta ini, ha..ha..ha..

Dimulai darimana ya? Bagaimana kalau saya mulai dari pengertian tagline itu sendiri,okay? Tagline berasal dari bahasa Inggris. Menurut Wikipedia, tagline lebih mirip dikatakan sebagai slogan dikarenakan belum ada definisi yang tepat terhadap kata tersebut.

Slogan adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat kata Wikipedia. Tetapi untuk dunia advertising, definisi tagline yang tepat adalah kalimat penawaran yang sangat menarik dan bisa dipercaya.

Saya ulangi, tagline dalam dunia advertising adalah kalimat penawaran yang sangat menarik dan bisa dipercaya. Ini penting untuk Anda ingat ya, makanya saya ulangi… Darimana saya tahu pengertian tersebut? Dari om Tung Desem Waringin, pakar advertising revolution.

Membuat tagline perusahaan yang menarik haruslah bisa membuat tagline itu ” menjualkan ” barang Anda hanya dalam waktu three detik atau kurang. Itu baru tagline yang bagus. Bukan pernyataan dari kenyataan, bukan profit dan juga bukan USP atau distinctive promoting proposition.

Nah, sebagai taktik pemasaran yang baik, membuat tagline perusahaan harus mengikuti kaidah-kaidah advertising yang benar. Yang pertama adalah elemen tagline. Apa saja elemen dari tagline ini? Menurut om Tung DeWe, tagline haruslah kalimat atau pernyataan yang berisi sebanyak mungkin :

  1. Ini yang saya jual…
  2. Kenapa Anda harus percaya kepada saya…
  3. Ini untungnya buat Anda…

Effectively, dengan menganut ” kaidah ” di atas, tagline yang bisa menjual three detik atau kurang dari produk atau jasa Anda harus tagline yang mengandung Irresistible Sensational Provide atau yang biasa disingkat ISO.

Apa itu ISO? ISO adalah pusat penawaran ( yang tidak bisa ditolak ) dari identitas, produk, jasa atau perusahaan di mana return on funding ( ROI )-nya bisa dipercaya, yang dikomunikasikan begitu jelas dan efisien sehingga kita nampak bodoh bila melewatkan penawaran ini.

Apa yang tidak termasuk ISO? Beberapa di antaranya sudah saya sebutkan di atas. Tetapi sekali lagi karena pentingnya bahasan ini, saya sebutkan kembali tetapi disertai contoh. Yang tidak termasuk ISO :

  1. ISO bukanlah particular provide yang ada batas waktunya seperti, ” Beli Sekarang Free of charge Ongkir ” atau ” Diskon 50% Untuk yang Beli Minggu Ini “. ISO merupakan tagline yang berlaku untuk hari ini dan seterusnya. Sepanjang waktu dan tidak ada batasnya.
  2. Bukan pernyataan dari kenyataan seperti, ” Nyonya Meneer sudah berdiri sejak 1908 “.
  3. Juga bukan profit seperti, ” Irex Max, hadiah buat istri “.
  4. Bukan juga USP atau Distinctive Promoting Proposition.

Biar anda lebih mudah memahami taktik pemasaran yang baik membuat tagline yang menarik, silahkan pahami contoh di bawah ini :

  • Contoh 1 : ” Siracin, Pereda Sakit Kepala Paling Direkomendasikan Oleh Dokter “.
    Kata om Tung, contoh di atas merupakan USP yang sangat baik tapi bukan ISO.
  • Contoh 2 : ” Sakit Kepala Anda Hilang Dalam 10 Menit atau Uang Kembali “.
    Contoh di atas adalah contoh dari Mark Joyner dan contoh di atas termasuk ISO.

Sekarang Anda tentunya sudah mulai memahami seperti apa ISO dari sebuah tagline perusahaan yang baik, bukan begitu? Selanjutnya ada 2 elemen lagi yang harus Anda perhatikan selain ketiga elemen di atas dalam membuat tagline yang menarik yang mampu menghisap konsumen.

  1. Excessive Return on Funding Provide
    Apa maksudnya? Maksudnya adalah para konsumen Anda merasa mendapatkan ” pengembalian investasi yang sangat tinggi ” dari uang yang telah mereka belanjakan. Misal contoh nyatanya bisa Anda pahami dari langkah pak TDW jual buku advertising. Pak TDW jualan buku harga 90 ribu rupiah. Tetapi dengan membeli buku tersebut, konsumen mendapat CD Gross sales Magic seharga 60 ribu rupiah serta free of charge mengikuti seminar Monetary Revoluiton senilai 785 ribu rupiah. Jadi mereka merasa membeli buku seharga 90 ribu tetapi mendapatkan profit hingga 1 juta rupiah. Paham kan maksudnya?
  2. Bisa Dipercaya
    Yangsudah jelas. Anda jangan menjual mimpi untuk pergi ke bulan !! ISO walaupun luar biasa penawarannya haruslah tetap sebuah tagline yang bisa dipercaya. Contohnya misal Anda menulis iklan di koran dengan tagline, ” Hanya 1 Juta Rupiah Anda dapat 100 juta rupiah ” tanpa embel-embel kata yang lain. Jelas ini merupakan tagline yang tidak bisa dipercaya. Meskipun poin pertama terpenuhi ( Excessive Return on Funding Provide ), banyak orang tidak akan percaya sehingga iklan Anda tidak mendapatkan respon positif, jelas?

So, biar lebih jelas lagi, saya akan memberikan beberapa contoh tagline yang menjual masih dari bukunya om Tung DW yang berjudul ” Advertising Revolution ” yang pernah menjadi tagline terhebat sepanjang masa…

  1. Domino’s Pizza
    Tagline : ” Pizza Scorching and Recent to Your Door in 30 Minutes… Or Much less or It’s Free.” Domino’s Pizza berjanji akan memberikan Pizza free of charge jika dalam30 menit Pizza tersbeut tidak sampai ke rumah konsumennya. Tagline ini akhirnya dilarang oleh pemerintah Amerika karena menyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas.
  2. Caterpillar
    Tagline : ” 48 Hours Components Service Anyplace in The World or Cartepillar Pays. Carterpillar memberikan jaminan bahwa ia akan mengirim semua dagangannya maksimal 48 jam. Jika tidak, mereka sendiri yang akan membayar.

Effectively… setelah panjang lebar saya menjelaskan tentang taktik pemasaran yang baik dengan membuat tagline perusahaan yang menarik ini, pikiran Anda pasti sudah mulai ” bekerja ” untuk membuat tagline perusahaan Anda yang mengandung ISO… is that proper?

” Wow… tebakan Anda benar dok. Cuman masalahnya, itu tadi semua kan contoh dari bukunya om  Tung De We dok… Lha tagline Anda sendiri gimana? Masakh cuman kasih teori? “… Good Query !! Untuk itulah weblog ini saya buat. Membagikan pengalaman bisnis yang nyata kepada Anda.

Mau tahu tagline saya seperti apa… Saya bisikkan, ” 60 Detik Anda Tidak Mendapatkan Manfaatnya, Tinggalkan Situs Ini “… Mantab kan? Saya yakin setelah Anda membaca tagline saya kemudian membaca tulisan saya, Anda akan mendapatkan manfaat yang jika dinilai dari uang bukan sesuatu yang murah.

So, segera buat tagline Anda sekarang juga. Selamat berpikir keras !! Ngomong-ngomong, tagline saya ini pernah ditiru oleh kompetitor saya dan pernah masuk di buku greatest vendor advertising yang sekarang harga bukunya 1,5 juta, he..he..he..

(sumber gambar artikel taktik pemasaran yang baik membuat tagline yang menarik : compute.information)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *